Lagi, Lapas Cilacap Kirim 18 Narapidana Ke Pulau Nusakambangan

    Lagi, Lapas Cilacap Kirim 18 Narapidana Ke Pulau Nusakambangan
    dok. Humas Lapas Cilacap

    Cilacap - setelah melakukan pemindahan Narapidana ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Purwokerto, Lapas Kelas IIB Cilacap kembali melakukan pemindahan narapidana ke Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kelas IIB Nusakambangan, Kamis (21/12).

    Kali ini Lapas Kelas IIB Cilacap memindahkan 18 Narapidana yang bersedia dan telah memenuhi persyaratan secara lengkap untuk melaksanakan pembinaan lanjutan.

    Pemindahan 18 Narapidana ini dikawal ketat oleh 4 orang petugas pemasyarakatan Lapas Cilacap menggunakan 2 unit mobil transpas. Pemindahan dilakukan pada pagi hari pukul 09.45 WIB dan tiba di Lapas Terbuka Nusakambangan pada pukul 11.30 WIB.

    Keberangkatan dipimpin langsung oleh Kalapas, Ka KPLP, Kasi Binadik, serta Kasubsi Registrasi dan Bimkemas.

    Dedi Cahyadi selaku Kalapas Cilacap mengatakan pemindahan Narapidana ini dilakukan sebagai wujud pembinaan lebih lanjut bagi Warga Binaan Pemasyaraktan. Selain itu, pemindahan (layaran) Narapidana juga dilakukan sebagai upaya mengurangi over kapasitas yang ada di Lapas Cilacap.

    Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Cilacap, Toriq Ismantoro menambahkan bahwa pemindahan atau layaran narapidana merupakan suatu kebijakan untuk mengurangi jumlah kepadatan penghuni (over kapasitas) yang ada di Lapas Cilacap.

    "Dengan adanya over kapasitas  mengakibatkan rentannya gangguan kemanan dan ketertiban di dalam Lapas." Lanjut Toriq.

    Selain itu, kegiatan pemindahan ini merupakan salah satu bentuk pemberian hak kepada Warga Binaan Pemasyarakatan agar mendapat pembinaan lanjutan, sehingga tujuan dari sistem Pemasyarakatan dapat berjalan secara optimal. ***

    pemasyarakatan nusakambangan cilacap lapas cilacap jawa tengah ditjenpas hukum ham lapas terbuka nusakambangan lapas terbuka
    Ghina Hazalah

    Ghina Hazalah

    Artikel Sebelumnya

    Tingkatkan Layanan Kepada WBP, Lapas Pasir...

    Artikel Berikutnya

    Sukses! Kemenkumham Jateng Laksanakan SKB...

    Berita terkait

    Rekomendasi berita

    Borong Penghargaan dari LKPP, Kemenkumham Terus Tingkatkan Kualitas Pengadaan Barang/Jasa
    Mayjen TNI Roedy Widodo dan Brigjen Pol Ahmad Nurwakhid Kunjungi Napiter Lapas Permisan
    Borong Penghargaan dari LKPP, Kemenkumham Terus Tingkatkan Kualitas Pengadaan Barang/Jasa
    Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Apresiasi Kesadaran Berbangsa dan Negara Terhadap 4 Napiter yang Telah Ikrar Setia NKRI
    BNPT Apresiasi Agenda Program Ikrar Setia Kepada NKRI Terhadap 4 Napiter Lapas Pasir Putih

    Tags